PENGEMBANGAN POTENSI KELOMPOK TANI SEMANGKA DESA LUBUK LINGKUK MENJADI PRODUK INOVASI KREATIF BERDAYA JUAL

  • Izari Muklas Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Hoirun Nisa Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Yulisza Indriyani Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Romadon Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Indonesia
Keywords: Lubuk Lingkuk, Semangka, Inovasi

Abstract

Desa Lubuk Lingkuk merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Bangka Tengah yang memiliki beragam potensi Sumber Daya Alam. Secara umum mata pencarian Warga Desa Lubuk Lingkuk teridentifikasi ke dalam beberapa sektor yaitu petanian, nelayan, pertambangan, dan perikanan. Salah satu hasil dari pertanian adalah buah semangka. Semangka adalah buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air dan berbagai manfaat bagi tubuh. Semangka di desa Lubuk Lingkuk ini dikelola oleh kelompok tani binaan desa sehingga adanya kontribusi antara mitra yang terlibat. Pembudidayaan semangka di lahan milik masyarakat dan penyaluran hasilnya melalui PT dengan melewati sortir yang ditentukan, jika hasil panen tidak sesuai ukuran maka semangka tidak dapat dipanen dan dibiarkan begitu saja. Melalui inovasi ini kami menginisiasi untuk pengolahan lanjutan menjadi produk olahan yang kreatif yang berdaya jual tinggi. Metode dalam pengabdian ini menggunakan metode workshop pendampingan kepada kelompok tani semangka dan masyarakat sebagai bentuk kerjasama dan pengabdian. Melalui metode ini kami sebagai inisiasi memberikan ide dan pelatihan pembuatan produk hingga siap dipasarkan. Hasil yang diharapkan adalah mampu membudidayakan sumber daya alam semangka dan sumber daya manusia Desa Lubuk Lingkuk secara optimal yang direalisasikan melalui kemampuan mengolah dan memunculkan produk kreatif dari potensi yang ada.

 

References

Anam, R. H. W. A. C., 2015. PENGARUH PENAMBAHAN TOMAT TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAN SENSORIS SELAI SEMANGKA (Citrullus vulgaris, Schrad). Jurnal Teknologi Hasil Pertanian.

Angrayni, R., n.d. ARAHAN STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN DAN MENGEMBANGKAN POTENSI EKONOMI LOKAL DI DESA RASAU JAYA SATU KECAMATAN RASAU JAYA KABUPATEN KUBU RAYA.

Anon., 2020. pemanfaatan potensi desa melalui buah semangka sebagai olahan yang inovatif dalam aspek perekonomian desa latukan kecamatan karanggeneng lamongan. DedikasiMu , Volume 2 nomor 4

Ansori, Y. Z., 2022. Pemanfaatan Limbah Kulit Semangka Inul Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Selai dan Permen Jely. Papanda Journal of Community Service, Volume Volume 1, Issue 1, 2022, 13-19.

Cici Apriza Yanti dan Rizki Muliati, 2019. Pengaruh Pemberian Jus Semangka Merah dan Kuning Terhadap Tekanan Darah Lansia Menderita Hipertensi. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, Vol. 4 No. 2 (2019)(Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan).

Emilda Prasiska, 2019. PELATIHAN PEMANFAATAN KULIT BAGIAN DALAM SEMANGKA (CITRULUS LANATUS) SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN SELAI.

Kusumawati, S., 2022. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS POTENSI LOKAL DI KELURAHAN SUMBER AGUNG KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG.

MAISYARAH, U., 2017. UJI ORGANOLEPTIK DAN DAYA SIMPAN SELAI BUAH NAGA DENGAN PENAMBAHAN GULA AREN dan BUBUK CENGKEH (Syzygiumaromaticum) DENGAN KONSENTRASI BERBEDA. Palangkaraya, s.n.

Mawar Simahate, R., 2020. PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRASI GULA TERHADAP DAYA TAHAN SIMPAN SIRUP MANGGA ARUMANIS. Volume L Vol. 4 No. 2, 2020 : 87 - 90.

SOLIHAH, Z., 2015. STUDI KOMPARASI PEMBERIAN BUAH SEMANGKA DAN BUAH MELON TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI DUSUN PUNDUNG SLEMAN YOGYAKARTA.

Supriyanti1, J., 2022. PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS BUAH SEMANGKA DI KABUPATEN SIJUNJUNG. Jurnal Agribisnis Unisi Vol. 11 No. 1 Tahun 2022, Volume Vol. 11 No. 1 Tahun 2022.

Umi Trisnaningsih 1, A. H. S. 1. &. B. 2., , September 2014. PENGARUH TAKARAN ABU SABUT KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris Schard.)KULTIVAR MAHESA. Jurnal AGROSWAGATI 2 (2), September 2014.

Widodo, S., 2019. KANDUNGAN GIZI SELAI KULIT SEMANGKA LEMBARAN DENGAN PENAMBAHAN JELLI. makassar, s.n.

WINI SITI WAHYUNI, D. R. A. N., 2022. ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI SEMANGKA DI DESA CIKADU KECAMATAN CIKALONG KABUPATEN TASIKMALAYA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume Volume 9, Nomor 1, Januari 2022 : 32-41.

Yogi Sugiarto Maulana, ,. A., 2020. Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8 (2020) 86-91.

Published
2023-10-20