PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM GULA KABUNG/MERAH DESA PASIR PUTIH

  • David Aditya Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Delia Darmayanti Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Sulistya Ningsih Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Adi Saputra Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Produk UMKM gula kabung atau gula merah merupakan gula merah asli yang terbuat dari dasar nira pohon aren yang berasal dari Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, Bangka Selatan. Namun, terdapat masalah yang dihadapi oleh mitra yaitu, dalam hal pemasaran produk tersebut masih kurang efektif untuk memasarkan atau memperkenalkan hasil produk UMKM gula kabung/merah khas Desa Pasir Putih kepada warga Desa Pasir Putih maupun wisatawan, sehingga berdampak juga pada pertumbuhan bisnis UMKM gula kabung/merah di Desa Pasir Putih selama 2 tahun terakhir; Tujuan pelaksanaan pemberdayaan pelatihan digital marketing adalah untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan wisatawan, meningkatkan daya saing kepada kompetitor, dan meningkatkan pertumbuhan bisnis UMKM gula kabung/merah di Desa Pasir Putih; Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa workshop, mitra yang terlibat adalah pembisnis UMKM gula kabung di Desa Pasir Putih, evaluasi yang dilakukan selama pelatihan adalah melakukan penilaian formatif dengan cara memantau keterlibatan peserta, mengukur pemahaman mereka terhadap materi, dan memastikan bahwa tujuan pelatihan tercapai; Hasil yang telah dicapai oleh pembisnis UMKM gula kabung di Desa Pasir Putih adalah keterampilan melakukan pemasaran secara online, peningkatan penjualan, peningkatan interaksi pelanggan, peningkatan kesadaran merek dan peningkatan jangkauan pasar.

References

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88-92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138-149. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582

Erawan, A. P. D., Aditya, I. G. W., Juniarta, I. W., Permana, I. M. A. S., & Baskara, I. M. W. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Digital Umkm Desa Keramas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 200-205. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3880

Febri, F. Y., Permatasari, D., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk UMKM Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60-72. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n1.p60-72

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Karim, A., Fadlina, F., & Ginting, G. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(1), 12-16. https://doi.org/10.58369/jpmg.v2i1.52

Khomariah, N. E., & Primandari, P. N. (2021). Pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi canva untuk pelaku usaha toko ikan" sub aquatic" sebagai strategi digital marketing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 795-801. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1393

Kominfo, Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM hingga Pemerintah Daerah. https://www.kominfo.go.id/content/detail/34175/pemerintah-dorong-digitalisasi-umkm-hingga-pemerintah-daerah/0/berita.

Kurniasi, E. R., Ayuni, R., Dewa, B. P., Pramadhani, R., Yanti, P., Zuhriyyah, D., ... & Sari, E. A. (2021). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK DESA NADUNG: KOPI TEH PELAWAN DAN GULA KABUNG. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(1), 187-197. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.68

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844.

Ramaditya, M., Effendi, S., Faruqi, F., & Darmawan, A. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun. Journal of Sustainable Community Development (JSCD), 2(1), 48-54. https://doi.org/10.32924/jscd.v2i1.13

Riyanto, A. D., & Noeris, M. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Online untuk Pelaku UMKM di Cilacap. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 53-57.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6-13.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387

Published
2023-10-20