STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENARIK MINAT WISATAWAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN DI PANTAI MATTIROTASI DESA SADAI

  • Nadia Chayanti Suma Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Fadhel Ahmad PJKR, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Sry Indriani Fadilla Warsan Psikologi, Universitas Muhammdiyah Gorontalo, Indonesia
  • Adi Saputra PJKR, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Pantai wisata Mattirotasi Desa Sadai Kabupaten Bangka Selatan mulai dikembangkan sebagai objek wisata alam sejak tahun 2019 oleh Pokdarwis Desa Sadai. Pantai Mattirotasi dengan segala keindahannya membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah desa dan masyarakat setempat. Pengembangan Wisata Pantai Mattirotasi masih memiliki keterbatasan pada aspek promosi, dimana kegiatan promosi belum terkelola dengan baik dan intensitas promosi media sosial yang masih kurang. Oleh sebab itu, informasi yang diperoleh wisatawan cukup terbatas sehingga pantai ini jarang diketahui oleh banyak orang. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana media sosial berperan penting dalam mempromosikan Pantai Mattirotasi sehingga menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung. Metode yang diterapkan adalah (1) pelatihan dan pendampingan (2) Evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan telah memberikan pengetahuan sikap dan pengetahuan terhadap pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi Wisata Pantai Mattirotasi. Dari kurang terekspos sampai cukup terekspos sehingga sudah lebih banyak yang mengetahui bahwa di Desa Sadai ada wisata pantai yang wajib dikunjungi. Pokdarwis Pantai Mattirotasi telah mampu mempersiapkan dan menyusun konten akun promosi untuk membuat Pantai Mattirotasi menjadi pusat perhatian banyak orang.

References

Abraham Johanis Jalmaf, Stevie Sahusilawane, G. R. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Di Pantai Ngurbloat Maluku Tenggara’, Jurnal Administrasi Terapan, 1(1), pp. 1–5.

Dwi yunita dan Meirinawati. (2012) ‘Strategi Pengembangan Wisata Pantai Kutang Di Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan’, pp. 1–14.

Eka Yudha, D. K. (2021) ‘UPAYA PROMOSI PARIWISATA PANTAI LIMAN DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Akun Instagram @pantailimansemau)’, 3(2), p. 6.

Hidayat, R. and Rizqi, R. M. (2021) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Desa Wisata Rhee Loka Kabupaten Sumbawa (Studi Kasus Desa Wisata Pantai Gelora)’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(3), pp. 42–54. Available at: http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/download/1334/824.

Ihwasatrialesmanabinaban (2020) ‘KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA TSUNAMI SELAT SUNDA DI KABUPATEN PANDEGLANG Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Bangsa Abstrak Sektor pariwisata pantai Kabupaten Pandeglang Banten , merupakan sektor yang diunggulkan dan berkontribusi terhadap Pendapatan’, 6(2), pp. 61–65.

Maulana, J. I. and Abidin, S. (2021) ‘MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE’.

Nugroho, A. W. (2022) ‘Pengembangan Wisata Pantai di Kalimantan Timur Berdasarkan Persepsi Pengunjung’, Jurnal Ilmu Lingkungan, 20(3), pp. 597–608. doi: 10.14710/jil.20.3.597-608.

Purba, H. and Irwansyah (2022) ‘User Generated Content dan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Pariwisata: Literature Review’, Jurnal Professional, 9(2), pp. 229–238.

Raditya, T., Suardana, I. W. and Wikanatha Sagita, P. A. (2020) ‘Pengaruh Promosi Facebook, Twitter, Dan Instagram Terhadap Keputusan Wisatawan Ke Pantai Pandawa Bali’, Jurnal IPTA, 8(1), p. 143. doi: 10.24843/ipta.2020.v08.i01.p17.

Sari, P. and Wira, T. S. (2022) ‘minat kunjungan pada Pantai Putra Deli Kecamatan Pantai Labu’, 2(3), pp. 100–109.

Sihombing, B. and Bawaulu, E. K. (2020) ‘Potensi Pantai Sibolo Pulau-Pulau Batu Nias Selatan Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan’, Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung, 7(2). doi: 10.51827/jiaa.v7i2.51.

Sumiyati, S. and Murdiyanto, L. (2018) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen’, WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), p. 171. doi: 10.32509/wacana.v17i2.629.

Tarik, D. et al. (2023) ‘Indonesian Journal Of Economy Studies’, 1(2), pp. 87–97.

Tolinggi, M. Y., Engka, D. S. M. and Rorong, I. P. F. (2021) ‘Pengaruh Promosi Tempat Wisata dan Kunjungan Wisatawan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar Objek Wisata’, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 21(3), p. Hal. 4-4.

Zunaidi, A. et al. (2022) ‘Upaya Menambah Daya Tarik Objek Wisata Melalui Rancangan Spot Foto Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar’, Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 8(2), pp. 81–86. doi: 10.21107/pangabdhi.v8i2.16550.

Published
2023-10-20