POTENSI PENGEMBANGAN WISATA ALAM AIR TERJUN C2 DESA LUBUK PABRIK

  • Taufiq Adi Kurniawan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rahma Yunita Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Anis Fitriah Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Yudi Yunika Putra Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Desa Wisata, Air Terjun C2, Pengembangan

Abstract

Air Terjun C2 terletak di Dusun IV, Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Lokasi Air Terjun C2 yang berada di bukit Pading yang berketinggian 677 mdpl memiliki potensi yang besar sebagai wisata alam yang unggulan. Terbukti Air Terjun C2 menjadi faktor utama pencapaian prestasi Desa Lubuk Pabrik yang menduduki peringkat 176 dari 8876 Desa Wisata Nasional pada tahun 2021. Pengelolaan objek wisata ini berdasar pada Surat Keputusan yang diterbitkan oleh Kementerian Kehutanan RI pada tahun 2017 melalui Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi apa saja yang dimiliki oleh Air Terjun C2 yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata unggulan sehingga dapat menarik pengunjung dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Mengingat masih banyak kendala dan permasalahan yang ada dalam pengelolaan objek wisata. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi melalui wawancara yang dilakukan dengan pengelola dan beberapa pengunjung Air Terjun C2.

References

Ahmad Jupri, Dani Syirojulmunir, Alan Firmansyah, Eka S Prasedya, & Tapaul Rozi. (2021). Rancang Bangun Papan Informasi Destinasi Wisata sebagai Penunjuk Lokasi Wisatawan di Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 380–385. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1578

Dewi, N. P. A. L. (2022). Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata sukawana sunrise: The effect of social media on the interest of tourists visiting the attraction of sunrise variety tourism. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(2), 276–285.

Firawan, I. G. N. F., & Suryawan, I. B. (2016). Potensi Daya Tarik Wisata Air Terjun Nungnung Sebagai Daya Tarik Wisata Alam. Jurnal Destinasi Pariwisata, 4(2), 92. https://doi.org/10.24843/jdepar.2016.v04.i02.p15

Hamzah, F., & Hermawan, H. (2018). Evaluasi Dampak Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 5(3), 195–202. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

Isdarmanto. (2017). Dasar Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. In Gerbang Media Aksara dan STiPrAm. http://perpus.univpancasila.ac.id/repository/EBUPT190173.pdf

Jurnal, H. (2022). POTENSI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN PARANG IJO KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH a Made Prasta Yostitia Pradipta, b Emmelia Nadira Satiti a [email protected], Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta b [email protected], Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta. 2(2).

Mahendrayani, I. G. A. P. S., & Suryawan, I. B. (2018). Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sangeh Kabupaten Badung Provinsi Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2), 240. https://doi.org/10.24843/jdepar.2017.v05.i02.p09

Mudrikah, A., Sartika, D., Ismanto, R. Y., & Satia, A. B. (2014). Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap GDP Indonesia Tahun 2004 - 2009. Economics Development Analysis Journal, 3(2), 362–371. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj

Mukhsin, D. (2015). Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Gunung Galunggung (Studi Kasus Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Perencanaa Wilayah Dan Kota, 14(1), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/124469-ID-strategi-pengembangan-kawasan-pariwisata.pdf

Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1. https://doi.org/10.22146/jnp.52178

Rahman, F., & Citra, I. P. A. (2018). Karakteristik Air Terjun Sebagai Potensi Wisata Alam Di Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 133–145. https://doi.org/10.23887/jjpg.v6i3.20700

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649

Wiati, C. B., & Angi, E. M. (2014). Studi Pemanfaatan Sumberdaya Hutan oleh Masyarakat Desa Setulang di Kabupateng Malinau, Kalimantan Utara (Study of Forest Resource Utilization by Setulang People in Malinau District, North Kalimantan). Jurnal Penelitian Dipterokarpa, 8(2), 97–108.

Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., & Noegraha, G. C. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Kopi Kare Dan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Di Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 57. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.5226

Wijayanti, A., Studi, P., Universitas, P., Sarana, B., & Kota, P. (2020). 7998-22257-1-Pb. 11, 74–82. https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7998

Wiradiputra, F. A., & Brahmanto, E. (2016). Analisis Persepsi Wisatawan Mengenai Penurunan Kualitas Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung. Pariwisata, III, No.2(2), 129-137 ISSN: 2355-6587.

Published
2023-10-20