PEMANFAATAN TUMBUHAN OBAT BAGI KELOMPOK WANITA DALAM MENDUKUNG KESEHATAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN KOBA

  • Meishinta Meymei Meishinta
  • Elven Maniardi
  • Rifky Akmal Afariza
  • Pingki Puspita Kirana
  • Nesa Ashlih Rachmawati
  • Sukma Arisanti
  • Wulandari
  • Sekar Rodesti Retno Kartikasari
  • Wahyu Tri Jayani
  • Aunur rofika
  • Dwi Indra Aprilliandari Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhamamdiyah Bangka Belitung,

Abstract

Peningkatan kapasitas masyarakat dalam perawatan kesehatan secara mandiri melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga  sebagai upaya pertolongan pertama pada diri sendiri dan keluarga perlu didukung oleh masyarakat. Pemanfaatan tanaman obat keluarga yang sering kali dianggap kuno dan tidak memberikan hasil yang signifikan sehingga sudah mulai ditinggalkan pemanfaatannya oleh masyarakat di Kelurahan Koba. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman yang ditanam di rumah dan berkhasiat sebagai obat. Selain sebagai obat, TOGA juga mempunyai manfaat lain seperti sebagai penambah gizi keluarga, bumbu masakan dan penambah keindahan. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  memperkenalkan apa pengertian toga, jenis-jenis  tanaman obat yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat, manfaat dari penanaman toga dan khasiat masing-masing tanaman serta bagaimana cara membudidayakannya di lahan pekarangan dan mampu mengenal dan mengetahui manfaat tanaman obat tradisional untuk menjaga dan merawat kesehatan secara alami dengan tanpa adanya efek samping, mengurangi pengeluaran dalam ekonomi keluarga dengan tidak menggunakan obat-obatan kimia. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, tanya jawab, diskusi dan juga praktek penanaman. Adapun langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu : 1) Pemahaman mengenai toga dan jenis-jenisnya, 2) Pemahaman mengenai manfaat toga, 3) Praktek penanaman toga. Hasil yang didapatkan dari program pelatihan penanaman obat keluarga ini adalah masyarakat Kelurahan Koba mengetahui manfaat penggunaan tanaman obat keluarga, mengetahui bagaimana cara melakukan budidaya toga. Selain itu, masyarakat kelurahan Koba juga mengetahui nilai ekonomis dan tingkat aman dari tanaman obat keluarga.

References

Fitriatien, Rahmawati Sri, dkk. (2017). Kegiatan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Sebagai Salah Satu Usaha Pemberdayaan Siswa SDN Dermo Guna dalam menumbuhkan kepedulian Kesehatan Keluarga, 2(2), 22-23.

Harefa, D. (2020). Pemanfaatan Hasil Tanaman Sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 2 (2), 28–36.

Lestanata, Yudhi (2016). Efektivitas Pelaksanaan Program Pembangunan Berbasis Rukun Tetangga di Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2014-2015. Jurnal Ilmu Pemerintahan & Kebijakan Publik, 3(3), 373. http://dx.doi.org/10.18196/jgpp.2016.0063

Latief, M., Tarigan, I. L., Susanto, N. C. A., Nugraha, A. P., & Rarasati, N. (2022). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai Upaya Swamedikasi melalui Pembuatan Minuman Immunostimulan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 533-541.

Mingkid Jonathan Gary,. Dkk (2017). Efektivitas Penggunaan Desa dalam Peningkatan Pembangunan (Suatu Studi di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan 2(2), 2337-5736.

Nurmayasari, Destia., Ilyas. (2014). Peran Anggota Kelompok Wanita tani (KWT) Laras Asri Pada Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (Studi Deskriptif di Dusun Daleman Desa Kadirejo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang). Journal of Non Formal Education and Community Emprowerment 3(2)

Naway, F. A., Arifin, A., & Ardini, P. P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dalam Rangka Pencegahan Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(1), 149-164.

Nurdiwaty, D., Puspita, E., Kusumaningtyas, D., Winarko, S. P., Tohari, A., Solikah, M. A., & Faisol, F. (2017). Pemberdayaan Wanita Melalui Tanaman Toga Untuk Membantu Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 20-27.

Metalisa, R., Saleh, A., & Tjitropranoto, P. (2014). Peran ketua kelompok wanita tani dalam pemanfaatan lahan pekarangan yang berkelanjutan. Jurnal Penyuluhan, 10(2).

Published
2023-10-20