MENCEGAH DEGRADASI EKONOMI DAN MENINGKATKAN OBJEK WISATA DESA MENTIGI

  • Aji Setiawan Ilmu Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Alfiyyah Berliani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Yodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Erick Prayogo Walton Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Masalah mitra di desa mentigi yaitu (1) UMKM sudah bagus, tetapi cara promosinya kurang inovatif. Kemudian dari segi wisata,  pengelolaan wisatanya terbengkalai dan promosi wisatanya masih kurang. [1]Strategi pemasaran menurut (Kotler and Amstrong, 2012:72) adalah logika pemasaran dimana perusahaan berharap dapat menciptakan nilai bagi customer dan dapat mencapai hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan. (2) Tujuan : Untuk menyediakan platform interaktif dan edukatif untuk memahami pentingnya pelestarian lingkungan dan  meningkatkan kesadaran dan pemahaman wisatawan tentang pentingnya konservasi lingkungan, keanekaragaman hayati, dan ekosistem melalui penggunaan teknologi informasi yang interaktif dan edukatif.[2] konservasi menurut UU No 5 Tahun 1990 Konservasi sumber daya alam hayati adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya. (3) Metode : Penyuluhan tentang pengembangan UMKM,mempromosikan tempat wisata melalui media sosial secara aktif. Metode kedua yaitu, cara mengelola wisata tersebut agar tidak terbengkalai  berkerjasama dengan Mitra yang terlibat  bumdes sedangkan dari  UMKM dari Ibu PKK dan warga desa mentigi. (4) Dari hasil yang dicapai mahasiswa dapat memberikan dampak yang positif untuk pencegahan degradasi ekonomi didesa mentigi dengan memberdayakan kekayaan alam yang ada.

 

References

Alikodra. 2012. Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Dr. Hasriyanti, S.Si,. M.Pd.(2021) Konservasi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya, Jawa Tengah: Penerbit = Eureka Media Aksara.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2017). Penilaian Status Gizi.

Suharto, Edi. 2010. CSR & COMDEV Investasi Kreatif Perusahaan di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2010. CSR & COMDEV Investasi Kreatif Perusahaan di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta

Published
2023-10-20