PENGUATAN PARIWISATA BERBASIS EDUKASI DALAM DIGITALISASI EKONOMI DI DESA BATU BERIGA

  • Suci Rahmawati Faoziah Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Rian Nardi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • A Juliana Rahayu lmu Hukum, Universitas MuhammadiyahYogyakarta, Indonesia
  • Priti Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Firma Widiasari Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Amastasya Pendidikan Jasmani,Kesehatan, dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Dea Julita Sari Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • M Ferry Octa Alfaricy Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Aulia Choirul Hadi Akutansi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Regina Septient Malini Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Yudi Yunika Putra Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Desa Batu Beriga merupakan desa yang terletak di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi kepualauan Bangka Belitung, daerah pesisir pantai yang penduduknya mayoritas bekerja sebagai nelayan. Disamping daerahnya yang strategis untuk dijadikan tempat wisata dan UMKM, namun ada beberapa hal yang perlu untuk dibenahi, diantaranya instrumen pendudukung akomodasi, akses, dan branding. Dengan demikian tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk pengimplementasian teologi al-maun yaitu sebagai acuan dalam berdakwah melalui pengabdian masyarakat sebagai peningkatan nilai sosial. Dalam hal metode yang dilakukan untuk tercapainya keberhasilan dalam pemberdayaan di Desa Batu Beriga diantaranya; Observasi, Koordinasi ke Pihak Terkait, Sosialisasi Kegiatan, Implementasi Kegiatan/ Pendampingan, dan Evaluasi Kegiatan. Dalam eksekusi ketercapaian masyarakat dapat meningkatkan nilai sumber daya di Desa Batu Beriga salah satunya dengan membranding wisata pantai bersinergi dengan UMKM pengolahan makanan khas Desa Batu Beriga yaitu salah satunya dengan peningkatan nilai pasar yaitu abon ikan hiu, tidak hanya melalui penjualan secara langsung namun bisa juga dengan media sosial melalui sosialisasi (digitalisasi) dan pendampingan, dampak dari pemberdayaan ini harus berkelanjutan agar bisa tercapai keberhasilan dalam peningkatan sektor ekonomi dan pariwisata Desa Batu Beriga.

References

Agustina, Rini, Yoyok Seby Dwanoko, and Dodit Suprianto. “Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM Di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.” Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid)4, no. 1 (2021): 69.

Asri, Nuryah Sj, Efi Fadilah, and Achmad A. Basith. “PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI PARIWISATA DAN POTENSI KEARIFAN LOKAL DI PANTAI SAYANG HEUALANG KAB. GARUT.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2, no. 12 (2017): 1–10.

Atiko, Gita, Ratih Hasanah Sudrajat, Kharisma Nasionalita, and Universitas Telkom. “ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH KEMENTRIAN PARIWISATA RI” 3, no. 2 (2016): 2349–2358.

Devy, Helln Angga. “Pengembangan Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar.” Jurnal Sosiologi DILEMA32, no. 1 (2017): 34–44.

Gartner. “Apa Itu Digitisasi, Digitalisasi, Dan Transformasi Digital? Ketahui Perbedaannya.” Mar 29, 2021, 2021. https://inixindojogja.co.id/apa-itu-digitisasi-digitalisasi-dan-transformasi-digital-ketahui-perbedaannya/.

Gunawan, Andri. “Teologi Surat Al-Maun Dan Praksis Sosial Dalam Kehidupan Warga Muhammadiyah.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i5, no. 2 (2018): 161–178.

Huda, Miftahul, Anton Prasetyo, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, and Putra Bangsa. “Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Pada UMKM Di Kabupaten Kebumen.” Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika8, no. 2 (2020): 2020.

Khilmi, Dzihan, and Ayu Firdausi. “Pendampingan Pembentukan Paket Wisata Mancing Dan Rekreasi Pulau Gelasa Desa Batu Beriga” 3 (2022): 22–27.

Kurniawati, Dwi Pratiwi, Bambang Supriyono, and Imam Hanafi. “Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Usaha Ekonomi (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto).” Jurnal Administrasi Publik1, no. 4 (2013): 9–14. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/129/113.

Muntazori, Ahmad Faiz, Ariefika Listya, and Muhammad Iqbal Qeis. “Branding Produk UMKM Pempek Gersang.” Jurnal Desain6, no. 03 (2019): 177.

Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common3, no. 1 (2019): 71–80.

Romadhan, Mohammad Insan, and Dewi Sri Andika Rusmana. “Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat.” Prosding Seminar(2017): 85–90.

Warmayana, I Gede Agus Krisna. “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0.” Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya3, no. 2 (2018): 81.

Published
2023-10-13