LIMBAH KE KARYA : CENDERA MATA PISAU DAUR ULANG DALAM UPAYA PENINGKATAN PARIWISATA BUMI SERUMPUN SEBALAI

  • Ahmad Sobari Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Belian Putri Aini Farmasi, Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia
  • Doni Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Fajar Maulana Malik Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Fatimah Aulia Rahman Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Hana Rahmawati Akuntansi, ITB Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Hanna Agnisha Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Maryanto Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Samsul Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makasar, Indonesia
  • Siti Khopipah AR. Kilat Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Umi Khodijah Akuntansi,Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Adanya tantangan dalam persaingan wisata guna menghadapi infrastruktur pariwisata yang belum memadai dibandingkan dengan daerah lain, memberikan solusi alternatif bagi Desa Gantung dalam memanfaatkan limbah sekitar yang dapat diolah menjadi produk wisata yang mempunyai banyak manfaat dan nilai jual. Tujuan peningkatan produk wisata ini adalah untuk membangkitkan pariwisata bumi serumpun sebalai melalui konservasi lingkungan dengan menfaatkan limbah sekitar. Metode yang digunakan ialah observasi dan wawancara dengan mitra terkait yang merupakan seorang pengrajin limbah. Hasil yang didapatkan yaitu pemanfaatan limbah sekitar yang dirancang dengan menggunakan alat sederhana, dan dari situlah kita dapat menghasilkan produk wisata sehingga bisa meningkatkan pergerakan roda perekonomian. Hasil yang diperoleh yaitu meningkatnya nilai keterampilan dan nilai ekonomi di Desa Gantung. Produk wisata berupa pisau ini akan berhasil dikembangkan apabila mendapat dukungan, guna mengurangi sampah disekitar sekaligus menjadi ciri khas wisata Desa Gantung. Hal yang perlu diperhatikan dalam produk ini ialah tingkat keamanan dan perizinan kepemilikan karena selain untuk menjadikan produk yang eksklusif, hal ini juga dapat meminimalisir terjadinya penyalah gunaan produk yang termasuk kedalam kategori sajam.

References

Adi, Febrian Wisnu. "Studi Eksperimen Finishing Perhiasan Kuningan dengan Perpaduan Elektroplating dan Patinasi." Corak, 7(1), (2018): 54-61.

BAPPEDA-PM (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Perencanaan Modal dengan Badan Pusat Statistik) Kabupaten Belitung Timur. Kabupaten Belitung Timur dalam Angka 2012.Manggar, Belitung Timur.

Beracun, D. A. N., Rumah, B., Di, T., Klodran, D., Sanan, P., Sendangarum, D., Regency, S., Lustiyati, E. D., Fitriani, A., & Utari, J. (2019). SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH BAHAN BERBAHAYA SOSIALIZATION OF SAFELY DISPOSE OF HOUSEHOLD HAZARDOUS WASTE FOR HOUSEWIVES OF KLODRAN SUBVILLAGE, SENDANGARUM VILLAGE, MINGGIR.124-129.

Hasibuan, R. (2016). Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi,04(01), 45-52.

Mawardi, L., & Pertiwi, M. (2020). Sistem Monitoring Limbah Industri Rayon. in Seminar Nasional Teknik Elektro(Vol. 5, No. 2, pp. 186-189).

Niken Hayudanti Anggarini, Megi Stefanus dan Prihatiningsih. Pengelolaan dan Karaktristik Limbah B3 di PAIR berdasarkan Potensi Bahaya. Majalah Ilmiah Aplikasi Isotop dan Radiasi Beta Gamma. 2014; Vol.5(1).

Peraturan Pemerintahan RI. 2014. Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun No. 101.Program, D., Manajemen, S., & Ekonomi, F. (n.d). SEKTOR PARIWISATA DAN INDUSTRI YANG RELEVAN SERTA JASA PENDUKUNGNYA (Studi Pemetaan di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur). 159-169.

Rahim, I., R., Mustari A., S., Muhyiddin M., M., 2016. Studi Pengelolaan Smpah B3 rumah tangga di Kelurahan Mangasa Kecamatan Tamalate Kota Makassar diakses 05 Juni 2018.

Rahman, A; Gupta, S. Peran Masyarakat dalam Pembersihan Lingkungan dan Pengelolaan Sampah. Kesejahteraan Lingkungan , 2023, 7(2): 120-135.

Rencana Strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur tahun 2016-2021 (2016).

Sitinjak, R.P., Khissoga, G. H. A., Widiyastuti, W., Suari, N. M. I. P., & Setyawan , H. (2021). Pra Desain Pabrik Pigmen Besi Oksida dari Pasir Besi limbah PT. X. Journal of Fundamentals and Applications of Chemical Engineering (JFAChE), 2(1), 1-7.

Suranny, L. E. (2021). Pengembangan potensi desa wisata dalam rangka peningkatan ekonomi perdesaan di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), 49-62.

Suwandi, A., Libyawati, W., & NIsa, C. (2020). Pemberdayaan Kelompok Desain dengan Menggunakan Perangkat Lunak dan Teknologi Rapid Prototyping untuk Produk Kerajinan Tangan. 2(1), 10-14.

Wilianarti, P.F., & Hendarto, T. (2017). Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Studi Pengolahan Limbah Usaha Mandiri Rumah Tangga dan Dampak Bagi Kesehatan di Wilayah Kenjeran. 1(1), 36-44.

Published
2023-10-13