PENGEMBANGAN EDUECOTOURISM MELALUI TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA DESA MENTIGI

  • Yuti Yuniarti Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Talitha Qinthara Fyrstaramadhanti Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Iis Dewi Fitriani Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Iis Dewi Fitriani Universitas Muhammadiyah Bandung

Abstract

Sumber daya alam yang melimpah di desa Mentigi Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung memerlukan pengelolaan yang baik untuk meningkatkan sektor industri pariwisata, karena sektor tersebut memegang peran penting dalam membuka kesempatan kerja maupun pengembangan potensi lokal untuk membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di desa Mentigi. Sebagai upaya pengembangan potensi lokal kawasan desa Mentigi, diperlukan adanya kolaborasi yang baik antara pihak pengelola pariwisata, pemerintah daerah, dan masyarakat. Salah satu program pengembangan potensi lokal di desa Mentigi dapat dilakukan melalui program eduecotourism melalui teknologi tepat guna yang diharapkan dapat berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan adanya program yang tepat guna diharapkan kondisi sosial ekonomi masyarakat dan sosial budaya yang ada di desa Mentigi dapat terangkat dan semakin sejahtera. Pengembangan eduecotourism melalui teknologi di desa Mentigi diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru dalam industri pariwisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,. Artikel ini menunjukkan bahwa kawasan desa Mentigi memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah untuk dikelola dengan baik dalam pengembangan ekonomi pariwisata dan teknologi melalui program eduecotourism.

References

Sulistiani, Siti Nuriska, Lighar Dwinda Prisbitari, Kenny Apriliani. 2011, Pengembangan Wisata Berbasis Masyarakat (Comunity Based Tourism/CBT) Di Taman Nasional Gunung Salak, Institut Pertanian Bogor.

Sutriyati P, Badraningsih Badraningsih, Prihastuti E. 2004. Teknik Pengolahan Ikan Laut. INOTEKS-Vol 8, No 2 (2004).

Suyanto. 2019. Pengembangan Eduecotourism sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat pada Kawasan Pedesaan. DIMAS –Volume 19, Nomor 1, Mei 2019.

Undang-Undang RepublikIndonesia No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Utari, Evrita & Listyalina, Latifah & Irawati, Novi. (2019). APLIKASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA MELALUI PEMANFAATAN ENERGI TERBARUKAN UNTUK PENERANGAN DAN PENGEMBANGAN WISATA WATU TEKEK KULONPROGO. Dharmakarya. 8. 140. 10.24198/dharmakarya.v8i3.22763.

Published
2023-10-19