PENGEMBANGAN UMKM DESA PERLANG PADA PEMBUATAN BUBUR UCIR

  • Aishara Shafa Aulia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Asnita Sari Dewi siregar Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Indonesia
  • Dela Trisya Agesty Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Dini Agustin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Endah Saputri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Fariansyah Muarif Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Hedhlaber Damega Samana Pendidikan Olahraga, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Lamuhairah Putri Wijayanti Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Rizki Kurniawan Teknologi Informasi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Salsa Delia Fita Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Risnina Wafiqoh Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Bubur ucir adalah makanan khas Desa Perlang. Bahan dalam pembuatan bubur ucir antara lain sagu, santan, gula merah. Dengan adanya program KKN Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (KKN Mas) ini yang berada di Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Memiliki tujuan yaitu peningkatan UMKM Desa Perlang melalui pembuatan bubur ucir. Dengan adanya program ini memberikan pelatihan sekaligus pendampingan kepada komunitas Ibu-Ibu PKK Desa Perlang tentang bagaimana cara mengkreasikan bubur ucir menjadi produk makanan yang memiliki nilai jual tinggi dan melakukan branding pada bubur ucir, karena dalam pemasaran bubur ucir masih belum memiliki nilai jual dan belum memiliki inovasi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Desa Perlang maupun di luar Perlang. Metode yang dilakukan yaitu menggunakan metode praktik dengan cara menggelar pameran/bazar UMKM produk bubur ucir serta pemasaran menggunakan digital marketing. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu para Ibu PKK Desa Perlang dan POKDARWIS. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan acara pameran/bazar UMKM bubur ucir yaitu memperbarui kemasan dengan box plastik, pembuatan logo produk bubur ucir dan berhasil melakukan promosi produk UMKM bubur ucir dalam acara pameran tersebut serta melalui sosial media untuk penjualannya.

References

A,Hendrawan,R.(2019).PengaruhJurnalAkutansi&Ekonomikan.vol1no1.

Fatoki, O. (2012). No TitleThe impact of entrepreneurial orientation on access to debt finance andperformance of small and medium enterprises in South Africa. Journal of Social Sciences,32(2),121-131

Ogunyomi, & Bruning. (2016). Human resource management and organizational performance ofsmallandmediumenterprises (SMEs)inNigeria. Journal Of Human Resource.

Nofrizal, N. (2017). Developing formulation strategy areas msmes banana chips based on superiorcommoditiesin Inhil county.Jurnal EkonomiDanIslam,1.

Rahmatissa, I., Kintani, W., Safutri, A., Periyatna, H., Choiriyah, N. A. Al, Pratiwi, A., Marpiadi, Amanda, E., Juniati, M., Putri, D., & Sari, W. P. (2023). Pemberdayaan pelaku UMKM desa perlang dalam pembuatan branding dan pemasaran melalui marketplace. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1958–1964. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/707%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/707/543

Suryati, I. (2021). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 18–30.

Published
2023-10-19