PENGEMBANGAN UMKM DESA PERLANG PADA PEMBUATAN BUBUR UCIR
Abstract
Bubur ucir adalah makanan khas Desa Perlang. Bahan dalam pembuatan bubur ucir antara lain sagu, santan, gula merah. Dengan adanya program KKN Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (KKN Mas) ini yang berada di Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Memiliki tujuan yaitu peningkatan UMKM Desa Perlang melalui pembuatan bubur ucir. Dengan adanya program ini memberikan pelatihan sekaligus pendampingan kepada komunitas Ibu-Ibu PKK Desa Perlang tentang bagaimana cara mengkreasikan bubur ucir menjadi produk makanan yang memiliki nilai jual tinggi dan melakukan branding pada bubur ucir, karena dalam pemasaran bubur ucir masih belum memiliki nilai jual dan belum memiliki inovasi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Desa Perlang maupun di luar Perlang. Metode yang dilakukan yaitu menggunakan metode praktik dengan cara menggelar pameran/bazar UMKM produk bubur ucir serta pemasaran menggunakan digital marketing. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu para Ibu PKK Desa Perlang dan POKDARWIS. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan acara pameran/bazar UMKM bubur ucir yaitu memperbarui kemasan dengan box plastik, pembuatan logo produk bubur ucir dan berhasil melakukan promosi produk UMKM bubur ucir dalam acara pameran tersebut serta melalui sosial media untuk penjualannya.
References
A,Hendrawan,R.(2019).PengaruhJurnalAkutansi&Ekonomikan.vol1no1.
Fatoki, O. (2012). No TitleThe impact of entrepreneurial orientation on access to debt finance andperformance of small and medium enterprises in South Africa. Journal of Social Sciences,32(2),121-131
Ogunyomi, & Bruning. (2016). Human resource management and organizational performance ofsmallandmediumenterprises (SMEs)inNigeria. Journal Of Human Resource.
Nofrizal, N. (2017). Developing formulation strategy areas msmes banana chips based on superiorcommoditiesin Inhil county.Jurnal EkonomiDanIslam,1.
Rahmatissa, I., Kintani, W., Safutri, A., Periyatna, H., Choiriyah, N. A. Al, Pratiwi, A., Marpiadi, Amanda, E., Juniati, M., Putri, D., & Sari, W. P. (2023). Pemberdayaan pelaku UMKM desa perlang dalam pembuatan branding dan pemasaran melalui marketplace. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1958–1964. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/707%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/707/543
Suryati, I. (2021). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 18–30.