PENYULUHAN PRODUCT BRANDING PADA PELAKU UMKM DI KELURAHAN SIMPANG PERLANG, KOBA, BANGKA TENGAH

  • Muhammad Dwi Genaro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Nova Azzah Alipatulzulfa Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Gita Mariska Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Elza Maulita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Putri Cahyani Agustine Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: branding, UMKM, penyuluhan

Abstract

Penyuluhan ini merupakan salah bentuk pengabdian dalam mengimplementasikan ilmu kepada masyarakat. Dalam penyuluhan ini menjelaskan terkait strategi mem branding  produk UMKM. Branding produk UMKM di Kelurahan simpang perlang ini terlihat masih belum optimal, bersifat tradisional dan penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran masih rendah berdasarkan observasi di lapangan.  Produk UMKM unggulan dari Kelurahan Simpang Perlang adalah Sirup Jeruk Kunci, Abon Ikan dan Jamu. Yang menjadi sasaran Program pengabdian masyarakat ini adalah pelaku UMKM di Kelurahan Simpang Perlang. Metode Pelaksanaan dalam pengabdian ini berupa penyuluhanan tentang Branding melalui marketplace/sosial media  dan pembuatan google maps. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM mengenai manfaat dari marketplace/sosial media sebagai sarana branding produk UMKM. Dengan adanya program penyuluhan Branding produk kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Simpang Pelang diharapkan dapat memperluas pasar dan mampu bersaing secara lokal maupun nasional.

References

Alfina Rahma Nazilal Mubarok Dan Maharani Ikaningtyas ( 2023 ). Strategi Digital MarketingUntuk Meningkatkan Branding Produk Dalam Pengembangan UMKM Bintang LestariPada Kelurahan Karangtengah. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat : Vol.1, No.3,September2023

Anindita V. Puspitasari, Naila N. Qotrunnada, Ayu R. Jannah Sufi H. Fansuri, Dewi P. Arum(2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dan E-Commerce Pada UMKM Lemayang DiKelurahan Kepanjenlor Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Vol.3 No.2.2023: 40-44.

Cintia Nur Halimatussa’diyah, Sonja Andarini ( 2023 ). Pendampingan UMKM Melalui BrandEquitySebagaiUpayaPeningkatanVolumePenjualanDiDesaBareng.JurnalMasyarakatMengabdiNusantara(JMMN):Vol.2,No.3September2023.https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i3.182

ChairulF.Tafrilyanto,SeptiD.Aini,SriIndriatiHasanah,Kusyairi,LindaSusanti(2023).PembuatanNomor IndukBerusaha(NIB)BagiUMKMDesaBrantaTinggi,Tlanakan,

Chalida Nurmarisma, Lania Muharsih ( 2022 ). Penampingan Branding Pada Pelaku UMKM DiDesaSukamekarsebagaistrategipemasarandigital.JurnalPengabdianKepadaMasyarakat: Vol 2 No 2.J.

A. Jelita Srikandi Pertiwi, Dea N. Jannah, Anisa T. Kumalasari, Wilma C. Izaak ( 2023).ImplementasidigitalmarketingpadapendampinganpemasaranprodukUMKMdesarojoso.Jurnal SosiohumanioraSasanti : Vol. 4,No.3, Juni 2023Pamekasan.JurnalPengabdianKepadaMasyarakat:Volume3No.2Desember2022.http://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta

Suryanti Suryanti, Churun A’in, Siti Rudiyanti, Wishal Asdicky Falah ( 2022 ). PengembanganUMKMDiKelurahanMangunharjo,Tugu,SemarangBerbasisDigital.JurnalPengabdianKepadaMasyarakat : Vol. 2 No.6Nopember2022.

Published
2023-10-19