PENYULUHAN PRODUCT BRANDING PADA PELAKU UMKM DI KELURAHAN SIMPANG PERLANG, KOBA, BANGKA TENGAH
Abstract
Penyuluhan ini merupakan salah bentuk pengabdian dalam mengimplementasikan ilmu kepada masyarakat. Dalam penyuluhan ini menjelaskan terkait strategi mem branding produk UMKM. Branding produk UMKM di Kelurahan simpang perlang ini terlihat masih belum optimal, bersifat tradisional dan penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran masih rendah berdasarkan observasi di lapangan. Produk UMKM unggulan dari Kelurahan Simpang Perlang adalah Sirup Jeruk Kunci, Abon Ikan dan Jamu. Yang menjadi sasaran Program pengabdian masyarakat ini adalah pelaku UMKM di Kelurahan Simpang Perlang. Metode Pelaksanaan dalam pengabdian ini berupa penyuluhanan tentang Branding melalui marketplace/sosial media dan pembuatan google maps. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM mengenai manfaat dari marketplace/sosial media sebagai sarana branding produk UMKM. Dengan adanya program penyuluhan Branding produk kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Simpang Pelang diharapkan dapat memperluas pasar dan mampu bersaing secara lokal maupun nasional.
References
Alfina Rahma Nazilal Mubarok Dan Maharani Ikaningtyas ( 2023 ). Strategi Digital MarketingUntuk Meningkatkan Branding Produk Dalam Pengembangan UMKM Bintang LestariPada Kelurahan Karangtengah. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat : Vol.1, No.3,September2023
Anindita V. Puspitasari, Naila N. Qotrunnada, Ayu R. Jannah Sufi H. Fansuri, Dewi P. Arum(2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dan E-Commerce Pada UMKM Lemayang DiKelurahan Kepanjenlor Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Vol.3 No.2.2023: 40-44.
Cintia Nur Halimatussa’diyah, Sonja Andarini ( 2023 ). Pendampingan UMKM Melalui BrandEquitySebagaiUpayaPeningkatanVolumePenjualanDiDesaBareng.JurnalMasyarakatMengabdiNusantara(JMMN):Vol.2,No.3September2023.https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i3.182
ChairulF.Tafrilyanto,SeptiD.Aini,SriIndriatiHasanah,Kusyairi,LindaSusanti(2023).PembuatanNomor IndukBerusaha(NIB)BagiUMKMDesaBrantaTinggi,Tlanakan,
Chalida Nurmarisma, Lania Muharsih ( 2022 ). Penampingan Branding Pada Pelaku UMKM DiDesaSukamekarsebagaistrategipemasarandigital.JurnalPengabdianKepadaMasyarakat: Vol 2 No 2.J.
A. Jelita Srikandi Pertiwi, Dea N. Jannah, Anisa T. Kumalasari, Wilma C. Izaak ( 2023).ImplementasidigitalmarketingpadapendampinganpemasaranprodukUMKMdesarojoso.Jurnal SosiohumanioraSasanti : Vol. 4,No.3, Juni 2023Pamekasan.JurnalPengabdianKepadaMasyarakat:Volume3No.2Desember2022.http://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta
Suryanti Suryanti, Churun A’in, Siti Rudiyanti, Wishal Asdicky Falah ( 2022 ). PengembanganUMKMDiKelurahanMangunharjo,Tugu,SemarangBerbasisDigital.JurnalPengabdianKepadaMasyarakat : Vol. 2 No.6Nopember2022.