PEMBERDAYAAN PEMUDA (KARANG TARUNA) MELALUI PELATIHAN DASAR KEPIMPINAN DI DESA AIR BULIN

  • Arma Sanuri Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Ceria Mega Mulyani Prodi S1 Farmasi, STIKES Muhammadiyah Kuningan, Indonesia
  • Elsa Dwi Yuliana Prodi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Gombong, Indonesia
  • Mahendra Ghofar Baskoro Prodi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Maram Mustamar Prodi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Muhammad Farzadita Jujandi Putra Prodi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Karang Taruna, Pemuda, Organisasi

Abstract

Pemuda adalah generasi yang memiliki peran penting dalam proses pembangunan bangsa baik di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya sehingga banyak fasilitas yang mewadahi para generasi muda untuk mendukung pembangunan bangsa dari wadah yang paling kecil hingga wadah yang paling besar, salah satunya adalah organisasi karang taruna. Karang taruna yang telah dibentuk kemudian akan menjadi kendaraan bagi pembangunan generasi muda yang akan membuat kemajuan bagi desa setempat. Selain itu, karang taruna memiliki posisi strategis dan sangat dibutuhkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan sosial dan mempertajam kreativitas para pemuda di Desa Air Bulin Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Permasalahan-permasalahan yang terjadi sangatlah beragam mulai dari kurang kesadaran dalam diri dan peduli nya para pemuda terhadap organisasi karang taruna yang menyebabkan karang taruna mengalami kemunduran selama beberapa tahun sehingga tidak adanya peningkatan kualitas pemuda di desa tersebut. Dengan demikian, kami berupaya melakukan pemberdayaan melalui pelatihan dasar kepemimpinan pada pemuda di Desa Air Bulin.

References

AURELIUS, Fransiskus, et al. PERAN KARANG TARUNA ATA NATAR DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN PEMUDA DI DESA LANGIR KECAMATAN KANGAE KABUPATEN SIKKA. JUPEKN, 2018, 3.1: 25-32.

Aurelius,F.(2018). PERAN KARANG TARUNA ATA NATAR DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN PEMUDA DI DESA LANGIR KECEMATAN KABUPATEN SIKKA.JUPEKN,3(1).25-32.

file:///C:/Users/User/Downloads/Calathu+Vol+4+No+2+Artikel+4%20(1).pdf

http://www.jurnal.lkd-pm.com/index.php/IJSE/article/view/2

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ucej/article/view/2186

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3737

https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/index

Munandar. Utami. 2002. Kreativitas dan keberbakatan: strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Puspitasari, F. I., & Agustina, D. P. (2023). Pola Komunikasi Organisasi Karang Taruna Putra Maulana Mutih Kulon dalam Mempertahankan Solidaritas Anggota. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 123-131.

Puspitasari, Feny Indah, and Dwi Pela Agustina. "Pola Komunikasi Organisasi Karang Taruna Putra Maulana Mutih Kulon dalam Mempertahankan Solidaritas Anggota." Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi 4.2 (2023): 123-13

Sugiarti, E., Marayasa, I. N., Wartono, T., Prasetyo, H., & Sari, R. (2021). Upaya Pembentukan Karakter Pemuda dalam Pendidikan Terhadap Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 115-124.

SUGIARTI, Endang, et al. Upaya Pembentukan Karakter Pemuda dalam Pendidikan Terhadap Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2021, 2.2: 115-124.

Taqwarahmah, Citra Gaffara, Bagus Riyono, and Diana Setyawati. "Peran Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Di Desa Karangpatihan, Kabupaten Ponorogo Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Keluarga." Jurnal Ketahanan Nasional 23.1 (2017): 37-48.

ZAINUDDIN, ZAINUDDIN, Nanik Rahmawati, and Taufiqqurrachman Taufiqqurrachman. PEMBERDAYAAN PEMUDA KARANG TARUNA DI DESA SUNGAI UNGAR UTARA KABUPATEN KARIMUN. Diss. Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2023.

Published
2023-10-19