EDUECOTOURISM BANGKA BARAT: PENGOLAHAN WAK-WAK (CACING LAUT) DI PANTAI BATU KERANJI DESA RAMBAT SEBAGAI SALAH SATU PESONA WISATA

  • Sayyidah Ilman Nisa Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Anita Farmasi, Universitas Muhammadiyah Pekajagan Pekalongan, Indonesia
  • Fitria Kurniasih Farmasi, Stikes Muhammadiyah Kuningan, Indonesia
  • Fanny Nugraheni Ilmu Keperawatan, Universitas ‘Aisyiah Yogyakarta, Indonesia
  • Windy Puspitasari lmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Karmila Aliani Ranti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia
  • Ali Akbar Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Al Ahfaz Reza Ramdani Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Abdul Kamal Konservasi Sumber Daya Alam, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Fatmawati Konservasi Sumber Daya Alam, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Randi Syafutra Konservasi Sumber Daya Alam, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Desa rambat merupakan desa yang bertempat di kecamatan Simpang Teritip kabupaten Bangka Barat, provinsi Bangka Belitung yang memilki potensi wisata alam khususnya yaitu pantai Batu Keranji. Salah Salah satu hasil potensi wisata alam pantai Batu Keranji yang ada yaitu wak-wak (cacing laut). Tujuan dari pengabdian ini untuk pemertahanan Eduecotuorism melalui potensi wisata alam Pantai Batu Keranji dan hasilnya wak-wak. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan ini adalah pengembangan potensi alam dan hasilnya melalui metode observasi Pantai dan pengolahan wak-wak yang didukung dengan pemanfaatan teknologi. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya softskill masyarakat desa terkait digitalisasi teknologi, melatih keterampilan masyarakt dan peningkatan sumber perekonomian. Data pendukung yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu melalui observasi wawancara dan penggunaan infrastruktur teknologi. Adapun dampak dari keberlangsungan program ini yaitu tersohornya Pantai batu keranji dan potensi hasil wak-wak yang dapat memikat daya tarik masyarakat luas serta terwujudnya salah satu misi Desa Rambat yaitu pengembangan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan potensi desa.

References

Admin. (2020, Juli 9). POKDARWIS sebagai Penggerak Kepariwisataan Desa. (masterplandesa.com)Retrieved Juli 9, 2020, from https://www.masterplandesa.com/artikel/pokdarwis-sebagai-penggerak-kepariwisataan-desa/

ArshaRiyantikhaMeraldha,A.D.(2021).TAHAPANPARTISIPASIMASYARAKATDALAMPENGEMBANGANAGRIBISNISDIKECAMATANSIMPANGTERITIPKABUPATENBANGKABARAT.UniversitasPasundan,1-36.

Deta Oryzae Saputra, Z. F. (2018). PENGGUNAAN UMPAN CACING WAK-WAK (Xenosiphon sp.)PADAPANCINGULURYANGDIOPERASIKANSIANGHARIDIKECAMATANMANGGARPULAUBELITUNG.JurnalAkuatikaIndonesia,110-118.Elia, S. (2016). Pengaruh daya tarik objek wisata, event-event, dan sarana prasarana terhadapjumlahpengunjungwisatapadaKabupatenBangkaBarat.UniversitasBangkaBelitung,1.

Fitriadi.(2018,Agustus20).WarisanBudayaLeluhurdanSektorLautPotensiDesaRambat.Retrievedfrombangkapos.com:https://bangka.tribunnews.com/2018/08/20/warisan-budaya-leluhur-dan-sektor-laut-potensi-desa-rambat?page=allHarini

Fajar Ningrum, C. T. (2021). Penguatan Potensi SDA dan SDM Dalam Rangka MewujudkanDesa Mandiri (Pengabdian kepada masyarakat Mahasiswa Universitas Nusa Putra di DesaPagelaranKecamatanPurabaya).JurnalPengabdianKepadaMasyarakatAbdiPutra,1-10.

Hutabarat, P. J. (2021). Budidaya Cacing Laut dengan Pakan Fitoplankton. Retrieved from TrobosAqua:http://trobosaqua.com/detail-berita/2021/04/15/45/14404/prof--johannes-hutabarat-budidaya-cacing-laut-dengan-pakan-fitoplankton#

MuhammadZambawi,,.A.(2020).PERFORMAPERTUMBUHANIKANSELUANGASALPULAUBANGKA(Breviboradorsiocellata)DENGANPEMBERIANPAKANBERBEDADALAMWADAHBUDIDAYAPADASKALALABORATORIUMDITAHAPAWALDOMESTIKASI.JurnalPerikananTropis,98.

Naufalrasyid. (2018, Februari 21). Cacing Laut Wak Wak Kering -Bangka Belitung -Bangka Belitung.RetrievedfromBudayaIndonesia:https://budaya-indonesia.org/Cacing-Laut-Wak-Wak-Bangka-Belitung-Bangka-Belitung

Nurhikma, T. N. (2017). KANDUNGAN ASAM AMINO, ASAM LEMAK, DAN MINERAL CACING LAUTDARISULAWESITENGGARA.JPHPI, 1-9.

Putri,F.A.(2022,November8).DesaWisata:SebuahWadahPengembanganWilayahdanPemberdayaanMasyarakat.Retrievedfrommasterplandesa.com:https://www.masterplandesa.com/wisata/desa-wisata-sebuah-wadah-pengembangan-wilayah-dan-pemberdayaan-masyarakat/

Rasidi.(2013).MENGENALJENIS-JENISCACINGLAUTDANPELUANGBUDIDAYANYAUNTUKPENYEDIAANPAKANALAMIDIPEMBENIHANUDANG.MediaAkuakultur,57-62.

TristanAlfian,Y.A.(2021).PENGEMBANGANDESAWISATADANPEMBANGUNANPARIWISATABERKELANJUTANDESAWATUAJI.JurnalPengabdianMasyarakatMultidisiplin,30-38.

YULIANFAKHRURROZI,J.H.(2009).TIGAJENISALATTANGKAPKEKUAKUNTUKTUJUANKOMERSIALDIBANGKA.AKUATIK-JurnalSumberdayaPerairan,22-26.

YULIANFAKHRURROZI,J.H.(2010).TEKNIKPENANGKAPANDALAMPERIKANANKEKUAKKOMERSIAL-TRADISIONALDIBANGKA.UniversitasBangkaBelitung,21-26.

Published
2023-10-19