PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA DESA KAYU ARANG MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PENYEDAP ALAMI DARI KULIT DAN KEPALA UDANG

  • Muhammad Isa Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Dewi Safitri Yani Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia
  • Nurfaiza Azzahra Agroteknologi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Susilo Ariana Arfah Manajemen, Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Syifa Yuliati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Pandu Giswantoro Abhi Wiguno Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia
  • Najwa Nabila Araura Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Anggie Juwita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Lukluwin Nurstaniyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Desty Eka Wulandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Andriadi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Abstrak: Desa Kayu Arang merupakan desa yang dikelilingi oleh sungai yang merupakan habitat alami beberapa jenis udang, sehingga mayoritas mata pencaharian masyarakat desa Kayu Arang adalah sebagai nelayan udang. Namun, dalam pengolahannya masyarakat hanya mengolah bagian daging saja, sedangkan bagian kepala dan kulitnya tidak diolah, padahal pada bagian kepala dan kulit udang memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti kandungan protein (18,1%), lemak (0,8%), air (78,2%), abu (1,5%), dan karbohidrat (1,4%). Selain itu pada bagian kepala dan kulit udang juga mengandung senyawa bernama kitosan yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan obesitas. Perancangan ini didasari oleh keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah kulit dan kepala udang menjadi produk bernilai ekonomi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan Ibu Rumah Tangga agar dapat memanfaatkan kulit dan kepala udang menjadi produk penyedap alami yang bernilai ekonomi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Adapun metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi penyuluhan disertai dengan pelatihan dan pendampingan. Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu rumah tangga di Desa Kayu Arang. Dengan adanya kegiatan ini, penulis berharap para ibu rumah tangga di Desa Kayu Arang akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru dalam menghasilkan produk bernilai tambah dari sumber daya lokal, yaitu kulit dan kepala udang.

References

Astriana, B. H., Damayanti, A. A., Larasati, C. E., Paryono, Himawan, M. R., & Lestari, D. P. (2022). Pengolahan Limbah Udang Vanname Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid19 Di Desa Pemenang, Lombok Utara. Indonesian Journal of Fisheries Community Empowerment, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.29303/jppi.v2i1.503

Hermanto, E. M. P., & Nengseh, K. N. A. (2020). Pemanfaatan Limbah Udang (Kepala Dan Kulit Udang) Sebagai Bubuk Kaldu Pengganti Msg Di Desa Medalem Sidoarjo. Abadimas Adi Buana,

https://lifestyle.okezone.com/read/2016

Ngitung, R., & Sri Rahmadani, A. (2022). Pemanfaatan Tepung Cangkang dan Kepala Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) terhadap Penurunan Hiperkolesterolemia secara In Vivo. http://ojs.unm.ac.id/bionature

Susilo, R., Suparmi, & Edison. (2020). Study on the quality of natural flavoring powder processed from shrimp waste. International and National Seminar on Fisheries and Marine Science, 1–10.

Umah, L., Winarni Agustini, T., Suhaeli Fahmi Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, A., & Perikanan dan Ilmu Kelautan, F. (2021). Characteristics of Vanamei (Litopenaeus vannamei) Head Extract Powder with the Addition of Tomato (Lycopersicum esculentum) Concentrate Using Foam Mat Drying Method. In Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan (Vol. 3, Issue 1).

Karomah, Siti, Sri Haryati, and Sudjatinah Sudjatinah. "Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Ekstrak Karapas Udang Terhadap Sifat Fisikokimia Kaldu Bubuk yang Dihasilkan." Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian 16.1 (2021): 10-17.

Al Faruqi, Muhammad Umar. "Pemanfaatan Limbah Cangkang Rajungan (Portunus pelagicus) sebagai Produk Pangan di Kabupaten Cirebon." Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM) 2.1 (2020): 12-17.

SAHRIN, JULIANA. "PRODUKSI SEASONING FLAVOR UDANG DARI LIMBAH KEPALA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus Vannamei)."

Published
2023-10-19