PELATIHAN MANAJEMEN USAHA MELALUI MEDIA SOSIAL BAGI PELAKU USAHA DESA SERDANG BANGKA SELATAN

  • Maman Chahyono Wawan Kordes
  • ariyanto
  • Fatimah Nurul Janah
  • Fatimah Nurul Janah
Keywords: UMKM, PELATIHAN MANAJEMEN USAHA, PEMASARAN

Abstract

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Serdang mempunyai potensi dan peran yang besar dalam membangun perekonomian. Namun jenis UMKM masih kurang dikenal oleh masyarakat luas. Banyak masalah yang harus dihadapi oleh pelaku UMKM dari aspek pemasaran, produksi dan sumber daya manusia. Di Desa Serdang terdapat beberapa UMKM antara lain roti papan, trasi limus, jahe merah, dan krupuk kemplang. Promosi yang diterapakan sekedar dari mulut ke mulut, pengemasan produk yang tidak menarik dan tidak memiliki media sosial sama sekali. Keterbatasan tersebut merupakan permasalahan yang harus diatasi oleh pelaku UMKM. Artikel ini difokuskan pada dampak pelatihan UMKM serta perubahan apa yang didapat baik itu dari aspek penjualan, packaging, dan pendapatan. Tujuan dari pelatihan ini yaitu  masyarakat dapat mengetahui cara promosi, packaging, dan foto produk secara mandiri. Pelatihan dan penyuluhan ini memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para pemilik usaha di Desa Serdang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah sosialisasi dan pelatihan secara langsung terkait pemasaran, packaging, dan foto produk. Sekaligus mengajak pelaku usaha untuk konsisten dalam menjalankan usaha. Dari hasil penelitian ini menunjukan peningkatkan diberbagai aspek manajemen dari cara memasarkan produk hingga packaging yang menarik.  Tak hanya itu pelaku usaha sudah melakukan foto produk secara mandiri hingga meningkatkannya pendapatan.

References

One Village one batik : Pelatihan Membatik dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga dan menggali kearifan lokal, nurul qomariah, amalia mayam zakiyyah
Published
2023-10-19