PENDAMPINGAN INOVASI PACKING UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN UMKM DESA GUNUNG RITING
Abstract
Pengolahan gula aren merupakan kegiatan penting dalam industri pangan, terutama pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)di desa Gunung Riting,UMKM mempunyai peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan (Putra, 2018).Inovasi kemasan menjadi faktor kunci dalam meningkatkan daya saing dan pemasaran produk gula aren. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai aspek inovasi kemasan dalam pengolahan gula aren oleh UMKM, dampak terhadap pemasaran,Selain itu juga UMKM mampu Penanggulangan kemiskinan dengan cara mengembangkan UMKM memiliki potensi yang cukup baik, karena ternyata sektor UMKM memiliki kontribusi besar dalam penyerapan tenaga kerja, yaitu menyerap lebih dari 99,45% tenaga kerja dan sumbangan terhadap PDB sekitar 30% (Yuli Rahmini Suci, 2008).Dengan metode kualitatif, kami menemukan jenis kemasan baru yang sudah diterapkan oleh usaha kecil dan rata-rata produksi gula aren, inovasi yang meningkatkan keberlanjutan produk. Penelitian ini membahas inovasi kemasan menguntungkan sektor pemasaran, memperlancar distribusi dan meningkatkan daya tarik produk lokal. Penelitian ini menekankan pentingnya menganalisis bagaimana memproduksi gula aren. Selanjutnya, peneliti menjelaskan bagaimana inovasi kemasan dalam pengolahan gula aren membantu pemberdayaan masyarakat lokal. UMKM dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan mendorong perkembangan masyarakat sekitar. Penelitian ini memberikan pengetahuan penting bagi UMKM, pelaku kepentingan industri makanan, pemerintah dan peneliti memahami bagaimana inovasi pengemasan dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan reputasi produk. Peneliti berharap dapat menginspirasi langkah baru dalam pengembangan strategi inovasi yang berfokus pada pengemasan UMKM industri pengolahan gula aren.
References
Pontoh, J. (2013). Penentuan Kandungan Sukrosa Pada Gula Aren Dengan Metode Enzimatik. 6(1), 26–33.
Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162
Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.
Khairina, Nurul, et al. "Academic Writing: Optimalisasi Mendeley, Grammarly dan Google Translate dalam Pengabdian Webinar Series IKAPASTI-USU." Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.02 (2020): 1-9.
Siska, puji handayani putri. Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Jurnal pengabdian kepada masyarakat 4 (1), 6-17, 2020
Siti Sufaaidin. Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melaluai Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (3), 152-156, 2022
Dessy Putri Andini. Inovasi Kemasan Sebagai Daya Tarik Produk Aneka Camilan. Prosiding, 2016
Dini Yuliana. Inovasi Kemasan Gula Aren. Jurnal of Community Service 1 (2), 64-72, 2021
Waamilus Sholikatin. Perancangan Kemasan Produk. Art and Desing Jurnal 2 (2), 73-80, 2020
Yogi Christianto Indrajaya. Perancangan Desain Kemasan Gula Aren. Jurnal DKV Adiwarna 1 (8), 7. 2016
Benny Rahmawan Noviadji. Desain kemasan tradisional dalam konteks kekinian. 1 (1), 10-21, 2014
Devina Amelia. Perancangan desain kemasan Gula Aren. Jurnal Seni Rupa 5 (3), 584-590, 2017
Auliah Abdullah. Hubungan antara Daya Tarik Iklan dan Desain Kemasan serta Pengaruhnya terhadap Minat Beli Gula Aren. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) 2 (2), 2021
Nanda Resmi. Pengaruh kemasan dan harga pada keputusan pembelian Gula Aren. Jurnal Manajemendam Bisnis Sriwijaya 13 (1), 1-20, 2015
Vita Dhameria. Analisis Pengaruh keunikan desai kemasan produk Gula Aren. Diponegoro University, 2014