STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DENGAN PENDIRIAN TUGU IKAN SELANGAT SEBAGAI SIMBOL IKONIK DARI DESTINASI WISATA DESA PUSUK

  • Herdandi herdandi
  • Annisa Dhiya Rahmadana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Ersa Aptakia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Rindu Handayani Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Laut merupakan salah satu potensi ekonomi utama masyarakat desa pusuk, baik dari segi bidang pariwisata maupun sumber daya alam. Dalam implementasinya pemanfaatan laut pada desa pusuk tidak dilakukan secara optimal, sektor ekonomi yang berlangsung hanya berputar pada kegiatan melaut di waktu tertentu, menjadikan profesi nelayan hanya sebagai pekerjaan sampingan. Padahal dari 13 desa yang ada di kecamatan kelapa, desa pusuk merupakan satu-satunya desa yang memiliki laut dengan segala kekayaan melimpah di dalamnya antara lain seperti seafood berupa ikan selangat, kerang, udang dan cumi. Selain itu view pemandangan alam berupa sunset juga sunrise terbentang di lautan merupakan potensi wisata yang tak kalah hebat. Tujuan penelitian ini dibuat yaitu untuk melihat impact pendirian tugu ikan salanget sebagai simbol ikonik destinasi ekowisata untuk menarik wisatawan domestik sekaligus mengenalkan potensi laut desa pusuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah penyuluhan dengan berkoordiasi kepada pihak aparatur desa dan karang taruna. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendirian tugu ikan salangat  dapat membawa dampak signifikan berupa simbol ikonik yang menjadi identitas desa pusuk tersendiri, pendirian tugu ikan salanget juga dapat membawa dampak positif berupa ajang promisi sektor sumber daya laut desa pusuk terutama kepada wisatawan domestik.

References

Kubro, N. H., Seantanu, A., Najib, M., Saputri, U. S., & Permana, D. (2023) Pendampingan Pembangunan Tugu Batas Desa Bagoang Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 3(1), 7-14.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2021). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1).

Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos, 2(2), 89-96

Ulumi, H. F. B., & Syafar, M. (2021). Pengembangan Ekowisata Pulau Tunda Berbasis Komunitas dalam Era Industri 4.0. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 23(1), 118-128.

Warouw, D. M. D. (n.d.). PENTINGNYA WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DESTINASI WISATA DI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MINAHASA Oleh YUNICE ZEVANYA SURENTU.

Published
2023-10-19