PEMBERDAYAAN BRANDING KWT DAN POTENSI WISATA DANAU KAOLIN MELALUI INTEGRASI DIGITAL MENUJU BISNIS LOKAL BERKELANJUTAN

  • Rizka Ramadina PGSD, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Puan Maharani PGSD, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Herlinda Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Nur Asyifa'aini Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Siti Sarah Pendidikan Agama Islam, Universitas Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Elsa Damayanti Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
  • Andini Eka Safitri Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya, Indonesia
  • Fivrenodi Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Dwi Herliansyah Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Aji Kurbiyanto KSDA, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Eka Altiarika Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Economy, technology, digital, KWT, tourism, Nibung village.

Abstract

Dalam Konteks ekonomi desa di era digital, identitas dan berkelanjutan bisnis menjadi unsur krusial. Artikel pengabdian ini mengeksplorasi dualisme pemberdayaan branding Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Nibung dan potensi wisata yang dimiliki oleh Danau Kaolin. Melalui penerapan teknologi dan strategi digital, branding KWT di revitalisasi untuk mencapai audiens yang lebih luas, sementara danau kaolin ditempatkan sebagai destinasi wisata premium yang mendukung keberlanjutan bisnis lokal. Integrasi digital yang dipaparkan dalam artikel ini meliputi pemanfaatan media sosial, pembuatan website, dan strategi pemasaran digital lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan penjangkauan dan retensi pelanggan. Metode Kualitatif deskriptif digunakan untuk menjawab penelitian ini. Dengan kerjasama yang erat antara KWT dan stake holder wisata, serta pemerintah setempat, upaya ini diharapkan dapat mengubah paradigma bisnis tradisional menuju model bisnis yang adaptif, inklusif, dan berkelanjutan, sekaligus memperkuat identitas dan warisan budaya serta ciri khas wisata Desa Nibung.

References

Anggraini, W. F., Susanto, T., & Ahmad, I. (2022). Sistem Informasi Pemasaran Hasil Kelompok Wanita Tani Desa Sungai Langka Menggunakan Metode Design Sprint. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(1), 34–40. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

Anthony, B., & Elsiana, F. (2022). Ekowisata Danau Biru Bangka Tengah. JURNAL EDIMENSI ARSITEKTUR, X(1), 145–152. https://www.mongabay.co.id/2016/04/03/yuk-belajar-

Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53–60. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266

Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–86. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16612/7949

Fashanah Hadining, A., Rukmayuninda Ririh, K., Latifa, U., & Rahmadewi, R. (2023). Strategi E-Branding Dalam Rangka Penguatan Pemasaran Pada Kelompok Wanita Tani Tegal Sejahtera. 7(2), 1049–1053.

Hariyana, N., & Warmana, G. O. (2023). Peningkatan Penjualan Melalui Pemasaran Media Sosial Pada UMKM Di Tanggulangin Sidoarjo.

Kencana, W. H., Meisyanti, M., & Sari, Y. (2022). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Berbasis Urban Farming di Kelurahan Malaka Sari dalam Peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Warta LPM, 25(4), 433–443. https://doi.org/10.23917/warta.v25i4.1134

Muizu, W. O. Z., Sari, P. Y., & Handani, W. L. (2019). Peranan Kelompok Wanita Tani (KWT) Tali Wargi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Citali, Kabupaten Sumedang. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 151–164. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3593.

Pratama, M. A., & Sintaman, P. I. (2022). Peningkatan Kapasitas Kelompok Wanita Tani Melalui Digital Marketing Dalam Memaksimalkan Hasil Tani Yang Berkelanjutan Pasca Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 5(2), 105–109.

Prijowuntato, S. W., Krissandi, A. D. S., & Nugroho, R. A. (2021). Pembuatan website sebagai Pengenalan Wisata Budaya di Desa Giring. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(1), 33. https://doi.org/10.24843/jdepar.2021.v09.i01.p04.

Safitri, B. V., Maulida, N., & Miharja, D. L. (2021). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Mengembangkan Potensi Desa Wisata Organik pada Kelompok Sadar Wisata Desa Muncan-Lombok Tengah. Journal of Community Development & Empowerment, 2(3), 51–61. https://doi.org/10.29303/jcommdev.v2i3.19.

Sari, W. P., & Altiarika, E. (2023). Pelatihan Pengolahan Limbah Botol menjadi Water Filtration dalam Mengatasi Kelangkaan Air Bersih. Jurnal Pengabdian Kepada …, 4(1), 78–87. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/778%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/778/602.

Yafie, A. A., I, M., & Rahman, hsan A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Digital untuk Desa Wisata. 6(2), 153–160.

Yuni, H. K., Ardani, N. N., Bili, M. Y., & Kurnia, T. I. (2023). Pemberdayaan UMKM Berbasis Potensi Alam dalam Menunjang Pengembangan Desa Wisata Taro Menuju Pariwisata Berkelanjutan. Bhakti Persada, 9(1), 16–25. https://doi.org/10.31940/bp.v9i1.16-25

Zahreni, S., & Handoyo, S. (2021). Pengembangan pola pikir kewirausahaan pada ibu-ibu ikbi ptpn xiv. 312–316.

Published
2023-10-13