PELATIHAN OPTIMALISASI MEDSOS DAN ONLINE MARKETPLACE BAGI PELAKU UMKM DESA GADUNG SEBAGAI DIGITAL MARKETING STRATEGIC

  • Faradila Nadawidad Ramadhani Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Yusuf Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Indonesia
  • Tara Amanda Sari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Natalia Widyanti Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Juwita Auliah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Alifa Amalia Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Weni Afrika Yanti Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Irhas Mahmudi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Fahrul Rozi Pasaribu Fakultas Tarbiyah, STIT Muhammadiyah Sibolga, Indonesia
  • Winda Purnama Sari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Medsos; Online Marketplace, UMKM, Digital Marketing Strategic

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting bagi bidang ekonomi, sosial, dan budaya di tengah masyarakat Indonesia. Berbagai UMKM yang dikembangkan di Desa Gadung seperti olah hasil tangkap laut dan roti papan yang telah diproduksi, namun masih dikonsumsi oleh masyarkat sekitar desa saja. Produksi tersebut tidak disertai dengan pelabelan yang jelas sehingga yang dapat mengakses produk hanya masyarakat lingkungan sekitar itu saja. Permasalahan tersebut disebabkan karena pelaku UMKM belum mengetahui cara pengemasan, pelabelan produk, dan pemasaran di era digitalisasi. Berdasarkan dari analisis permasalahan tersebut, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM Desa Gadung melalui kegiatan pelatihan dengan mengoptimalkan medsos dan berbagai online marketplace sebagai langkah strategis untuk pemasaran secara digital. Pelatihan ini menggunakan metode praktik dan diskusi serta melibatkan 15 orang pelaku UMKM. Hasil dari pelaksanaan kegiatan adalah tersedianya akun medsos penjualan dan tersedianya produk pada online marketplace. Hasil lainnya adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk mengoptimalisasi teknologi dan medsos dalam peningkatan ekonomi era digital. Dampak jangka pendek dan menengah dari kegiatan ini adalah meningkatnya jumlah produksi dan penjualan produk yang dikembangkan dengan brand sendiri dengan konsumen yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

References

Asiati, D., Aji, G. B., Ngadi, Triyono, Ningrum, V., Kurniawan, F. E., Aruan, N. L., & Purba, Y. A. (2019). UMKM dalam Era Transformasi Digital(Nomor December).

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.

Fitriana, F., Sari, W. P., & Pramesti, D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Wilayah Pesisir Dalam Mengatasi Limbah Tambak Udang Melalui Rehabilitasi Lingkungan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4814. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11154

Fitriana, F., Sari, W. P., Pramesti, D., Studi, P., Sumber, K., Alam, D., Muhammadiyah, U., Belitung, B., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Muhammadiyah, U., Belitung, B., Lingkungan, R., & Pesisir, W. (2022). Mengatasi Limbah Tambak Udang Melalui Rehabilitasi Lingkungan Kawasan Wisata Pesisir Berbasis Eco-Digitourism. 7(1).

Fu, X., Avenyo, E., & Ghauri, P. (2021). Digital platforms and development: a survey of the literature. Innovation and Development, 11(2–3), 303–321. https://doi.org/10.1080/2157930X.2021.1975361

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122

Ghoshal, M. (2019). Social Media as an Effective Tool to Promote. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing Volume, 19(1), 13–25.

Imas Rahmatissa, Windiah Kintani, Andini Safutri, Hendi Periyatna, Nur Amalia Al Choiriyah, Ayu Pratiwi, Marpiadi, Elisa Amanda, Maulidya Juniati, Desi Putri, W. P. S. (2023). Pemberdayaan Pelaku UMKM Desa Perlang Dalam Pembuatan Branding dan Pemasaran Melalui Marketplace. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1958–1964. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/707%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/707/543

Manara, A. S. (2022). Peran Marketplace Terhadap UMKM Sebagai Upaya Percepatan Ekonomi Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islam. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 6(1), 77–91. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i1.4013

Manik Pratiwi, A. A. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.179

Manurung, A. A., Saragih, E. P., Gurning, E., Tarigan, I. Y., Silaban, M. W., & Napitupulu, O. (2023). Social Media Utilization in the Digital Era. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 4(1), 36–39.

Niu, F. (2022). The Role of the Digital Economy in Rebuildingand Maintaining Social Governance Mechanisms. Frontiers in Public Health, 9(January). https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.819727

Pourkhani, A., Abdipour, K., Baher, B., & Moslehpour, M. (2019). The impact of social media in business growth and performance:A scientometrics analysis. International Journal of Data and Network Science, 3(3), 223–244. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2019.2.003

Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 149–160.

Surenggono, Erdiana, A., & Djamilah, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi UMKM dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid 19. Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(1), 6.

Tarigan, R., & Tritama, H. B. (2016). The Effect of Social Media to the Brand Awareness of A Product of A Company. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(1), 9. https://doi.org/10.21512/commit.v10i1.904

Wijoyo, H., & Widiyanti. (2020). Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I Tahun 2020, 1, 9–13.

Yogatama Waskithoaji, & Baziedy Aditya Darmawan. (2020). Peran Teknologi Dalam Penggunaan Media Sosial dan Dampaknya terhadap UMKM. Suparyanto dan Rosad, 5(3), 248–253.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476

Published
2023-10-21