PENDAMPINGAN PEMASARAN UMKM MASYARAKAT DESA TRUBUS MELALUI DIGITAL MARKETING

  • Mita Salsa Deswika Universitass Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Kiki Kurniawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muhammad Fiqih Hidayah Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Jihan Nabilah Ayyasy Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Sahrin Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Yuli Nurwahida Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Salma Azizah Khoirunnisa Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Khoironesa Ulya Afifa Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Lelly Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Alfiah Nurul Huda Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Risnina Wafiqoh Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Keywords: MSMEs, Digital Marketing, Social Media

Abstract

Desa Trubus merupakan desa yang terletak di Kabupaten Bangka Tengah, Kecamatan Lubuk Besar. Dengan luas wilayah 7. 423 Hektar, Desa Trubus memiliki jumlah penduduk 1. 570 jiwa dengan mayoritas pencaharian masyarakatnya sebagai petani sawit, cabai, dan lada. Dengan kekayaan hasil perkebunan yang melimpah, masyarakat Desa Trubus memanfaatkan peluang tersebut untuk membuat usaha kecil pembuatan rempeyek atau yang lebih sering dikenal sebagai peyek. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, pelaku UMKM dituntut harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Pemanfaatan teknologi digital marketing merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan penghasilan produk UMKM. Adapun kegiatan yang ditawarkan adalah dengan melakukan bantuan pendampingan pemasaran menggunakan platform media sosial yang bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran yang lebih luas.

References

Abidahsari, I., Pratama, T. H., Oktavina, M. A., & Tunru, S. (2021). Pendaftaran Hak Merek Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Industri Umkm. Prosiding Seri Seminar Nasional, 1(1). https://doi.org/10.24912/pserina.v1i1.17516

Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213

Afif, M. S., & Sugiyono, H. (2021). Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Merek Terkenal Di Indonesia. Jurnal Usm Law Review, 4(2), 565. https://doi.org/10.26623/julr.v4i2.4097

Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Alimah, M. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Journal of Government and Politics, 3(1).

Christina, I. D., Fenni, London School of Public Relations, Roselina, D.,& London School of Public Relations. (2019). Digital marketing strategy in promoting product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(10), 58–66. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2019-4/10-05

Dewi, S. R., Sriyono, S., & Sumartik, S. (2021). Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 95–101. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5267

Fitriani, F. S., Harahap, R. D., & Nurlaila, N. (2023). Perkembangan UMKM Di Indonesia: Peran Pemahaman Akuntansi, Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi. Owner, 7(3), 2518–2527. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1427

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2). https://doi.org/10.31506/jrk.v11i2.9682

Jotyka, G., & Ketut Riski Suputra, I. G. (2021). Prosedur Pendaftaran Dan Pengalihan Merek Serta Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Merek Terkenal Menurut Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001. Ganesha Law Review, 3(2), 125–139. https://doi.org/10.23887/glr.v3i2.447

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Nur Hayati, A. (2021). Analisis Tantangan dan Penegakan Hukum Persaingan Usaha pada Sektor E-Commerce di Indonesia. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 21(1), 109. https://doi.org/10.30641/dejure.2021.V21.109-122

Prayogi, A., & Kirom, M. I. (2022). Pendampingan Pengembangan Digitalisasi Umkm Masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 14–24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.652

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1). https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/627

Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.37481/pkmb.v2i1.237

Wulandari, S. (2023). Penguatan dan Pendampingan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Cikujang, Serangpanjang, Subang, Jawa Barat. Civitas Consecratio: Journal of Community Service and Empowerment, 2(2), 65–80. https://doi.org/10.33701/cc.v2i2.2725

Published
2023-10-21