PEMBUATAN LILIN AROMATHERAPY DARI MINYAK KELAPA SAWIT PADA IBU PKK DI DESA AIR GEGAS

  • Eka Sari Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Alfia Shany Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • andika putra Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Iis Juniati Lathiifah Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Kabupaten bangka selatan, kecamatan Air Gegas, Desa Air Gegas memiliki potensi berupa kelapa sawit namun pemberdayaan dari produk kelapa sawit yang masih kurang maksimal. Oleh karena itu adanya pengolahan kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit yang akan di olah lagi untuk pembuatan lilin aromatherapy yang dilakukan mahasiswa KKN Mas desa Air Gegas sebagai salah satu hasil dari pengabdian yang dilakukan selama dijalankannya  program KKN Mas di desa Air Gegas. Metode yang di ambil adalah praktikum pembuatan lilin aromatherapy yang nantinya akan dilakukan sosialisasi kepada ibu-ibu yang bergabung dalam kelompok pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK). Hasil yang telah dicapai berupa bertambahnya hardskill yang dimiliki ibu-ibu PKK yaitu berupa pengolahan lilin aromatherapy dari minyak kelapa sawit, kegiatan ini tidak hanya menyajikan keberhasilan program namun dilengkapi dengan data pendukung atau menyajikan dampak/akibat dari program

References

Yudistina, V., Santoso, M., & Aini, N. (2017). Hubungan antara diameter batang dengan umur tanaman terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kelapa sawit. Buana sains, 17(1), 43-48.

Hajar, S., Novany, A. A., Windarto, A. P., Wanto, A., & Irawan, E. (2020). Penerapan K-Means Clustering pada ekspor minyak kelapa sawit menurut negara tujuan. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1, pp. 314-318).

Published
2023-10-22