PEMBERDAYAAN MARKETING UMKM BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL DESA KEPOSANG MENUJU PASAR GLOBAL

  • Sri Wahyu Hidayah Ilmu pemerintahan , Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Zahrotul Jannah El Ashfahaniyyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Jelang Sasi Ramadhani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Findalia Neneng Agustin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Mohamad Syahrial Deluma lmu keperawatan, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Indonesia
  • Denisa Anggraini Ilmu keperawatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Imtiyaz Tsanaa’ Abdullah Sastra Inggris, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Adrian Noer Mahmud Ilmu keperawatan, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Indonesia
  • Shelvia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Hevitria Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

Abstract

Abstrak: Tujuan dari program ini adalah sebagai media pembelajaran dan contoh bagi pelaku usaha lainnya mengenai penguatan kualitas produk dan penggunaan digital marketing yang baik. Dengan pengelolaan yang baik tentunya akan mendukung dan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat dan desa. Kemajuan ekonomi menjadi salah satu indikator bahwa daerah tersebut maju, selain itu desa Keposang dapat dijadikan desa percontohan bagi desa-desa di sekitarnya. Pasar global merupakan aktivitas perdagangan tanpa batas, gelombang perdagangan bebas tidak dapat dibendung lagi, sehingga berdampak pada usaha lokal khususnya produk UKM harus mampu bersaing dan memperluas wilayah perdagangannya. Usaha lokal masyarakat desa Keposang berupa makanan dan kebutuhan lainnya. Kegiatan ini dilakukan pada pelaku usaha kelompok masyarakat desa Keposang, Toboali, Bangka Selatan. Metode dalam pengabdian ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku usaha yang ada di desa Keposang. Khususnya ibu-ibu PKK dan para remaja yang tergabung dalam karang taruna di desa Keposang. Hal ini terkait dengan produk lokal yang ada di desa Keposang sehingga diharapkan dapat tersebar luas bahkan sampai ke luar daerah. Hasil dari program KKN Mas 2023 ini adalah UKM mampu bersaing dengan produk lain dan dapat mengelola pasar online secara mandiri, sehingga produk UKM desa Keposang sebagai daerah yang potensial mampu mengarah ke pasar global.

 

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet,A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23(2), 117–120

Kurniawan, E., Nofriadi, & Maharani, D. (2021). Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk umkm. 1(1), 31–36.

Hendriadi, A. A., Padilah, T. N., & others. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol 4(2).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil,Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol 1 (1).

Maulana, A. (1999). Strategi Pemasaran Global. Agrimedia. Vol 5, No. 3, pp. 34-37.

Vrontis, D., and Thrassou, A. (2007). Adaptation vs. Standardization in International marketing –the country-of-origin effect. Innovative Marketing. Vol. 3, Issue 4, pp. 7-20.

Zou, S., and Cavusgil, T.S. (2002). The GMS: a broad conceptualization of global marketing strategy and its effect on firm performance.Journal of Marketing. Vol. 66 No. 4, pp. 40-56.

Elisa Susanti. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, Volume 1, 36. Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Sawala/Article/View/26588/Pdf

Ginanjar Abdurrahman. (2020). Pelatihan Digital Marketing PadaUmkm Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1, 88. Http://Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id/Index.Php/Manage/Article/View/3981/2869

Karmawan, I.G.M, 2014, Dampak Peningkatan Kepuasan Pelanggan Dalam Proses Bisnis E-Commerce Pada Perusahaan AMAZON.COM, ComTech Vol. 5 No. 2 Desember 2014: 748-762

Noor, C. M., & Rahmasari, G. (2018). Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). 454–464

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93-103

Published
2023-10-19