REVITALISASI UMKM TERASI UDANG ‘AK LEHO' DI DESA BELO LAUT MELALUI PELATIHAN PENGEMASAN DAN PELABELAN

  • Laita Nanda Sutrisni amar, rangga, laita, wini, syifa, indry, rizki, daffa, amelia, diah
  • Amar Ma'ruf Wasidiq
  • Muhammad Rangga Ade Kurnia
  • Wini
  • Syifa Akmala
  • Indry Pertiwi
  • Rizki Saputri
  • Muhammad Daffa Akmaluddin
  • Amelia Daulay
  • Diah Ayu Puspita

Abstract

Saat ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia semakin meningkat pesat. Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu berinovasi untuk meningkatkan penjualan. Salah satu hal terpenting untuk meningkatkan penjualan adalah pengemasan. Pengemasan yang baik dapat meningkatkan perlindungan produk, memberikan informasi tambahan serta dapat menarik perhatian konsumen. Tak kalah penting dari pengemasan, untuk menumbuhkan kepercayaan lebih terhadap produk yang dijual maka perlu adanya pelabelan. Adanya pelabelan menjadi sarana komunikasi singkat dari produsen kepada konsumen untuk menginformasikan bahan baku, kode produksi, legalitas, dan kualitas produk. Kegiatan ini, menjadi salah satu bentuk dari pengabdian untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan produsen 'Ak Leho' dalam pengemasan dan pelabelan produk terasi berbahan baku udang yang merupakan potensi pangan lokal. Strategi yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah observasi, pelatihan pengemasan dan pelabelan, monitoring serta evaluasi pengembangan. Indikator keberhasilan kegiatan pelatihan ini  didapatkan dari hasil wawancara dengan beberapa konsumen tentang perbandingan pengemasan produk dari pra dan pasca kegiatan pelatihan. Pentingnya pengembangan terhadap pengemasan dan pelabelan olahan terasi udang di Desa Belo Laut ini diharapkan agar pelaku UMKM tersebut dapat terbantu baik dari segi penjualan, pengemasan dan pelabelan produk, serta manfaat lainnya yang dapat diambil oleh pelaku UMKM produk terasi udang 'Ak Leho' Desa Belo Laut.

References

Umami, N., Sri W.H, M. A., & Hayuhantika, D. (2022). Pelatihan Tehnik Pengemasan Dan Pelabelan Untuk Meningkatkan Kemampuan Managemen Pemasaran Untuk Umkm Desa Belimbing. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(2), 85. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i2.680

Winarti, S., & Ningsih, Y. (2020). Pelatihan Pengemasan Dan Pelabelan Bandeng Sapit Di UD. Barokah Gunung Anyar Tambak. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.36339/je.v4i1.265

Sukrin, S., Resfika Aswira, Kuswinton, K., Abel Haryanto, Abdul Malik, & Sanufi, S. (2022). Pendampingan Diversifikasi Singkong Menjadi Keripik Serta Teknik Pengemasan dan Labeling Desa Tira Buton Selatan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 356–360. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.746

Sophia, Erwandri, E., & Varina, F. (2022). Teknik Pengemasan dan Labeling Produk Olahan Makanan Ringan di Desa Pematang Gajah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 3(4), 429–434. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i4.256

Wijaya, T. W., Muchlis, Z., Azizah, L. M., & Miftah, M. (2022). Pengembangan Pemasaran Produk Lokal Melalui Digital Business Dan Pembaharuan Brand Produk. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1372–1378. https://doi.org/10.18196/ppm.44.661

Mufarokhah, N., Choiri, C., & Khasanah, N. F. (2021). Pengemasan dan Labeling Produk Untuk Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Krupuk Ikan Di Desa Lumpur Kabupaten Gresik. Jurnal ABM Mengabdi, 8(1), 35. https://doi.org/10.31966/jam.v8i1.858

Maradita, F., Faturrahman, F., Hardiansyah, R., & Santoso, A. (2023). Pengembangan Kemampuan Manajemen Pemasaran Melalui Teknik Pengemasan dan Labeling Produk Umkm di Desa Kerato. 1(3), 117–125. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i3.372

Ningtyas, R., Silvia, D., Zulkarnain, Z., Muryeti, M., Prastiwinarti, W., Imam, S., & Sari, N. P. (2021). Pengembangan Labelling Dan Kemasan Vakum Pada Ukm Di Wilayah Kepulauan Seribu. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 160. https://doi.org/10.25077/logista.5.2.160-165.2021

Published
2023-10-20