PENGEMBANGAN PRODUK TERASI UDANG DI KELURAHAN TOBOALI MELALUI INOVASI ESTETIKA VISUAL KEMASAN DAN DIGITAL MARKETING

  • Imam Wijaya Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Wawan Kurniawan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Devi Salvina Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Oktarina Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
Keywords: Terasi udang, Kelurahan Toboali, Estetika Visual, Digital Marketing

Abstract

Terasi udang merupakan salah satu produk olahan hasil laut yang diunggulkan di Kelurahan Toboali. Banyak masyarakat Kelurahan Toboali yang beraktivitas sebagai pembuat terasi. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang beraktivitas nyungkur udang, kemudian dilanjutkan pada proses pengolahan terasi berupa penjemuran, tutuk udang, pendiaman, dan pengemasan produk. Namun, perkembangan usaha yang di kelola tersebut terhambat oleh kurangnya pemahaman pembuat terasi udang mengenai inovasi estetika visual kemasan dan digital marketing. Oleh karena itu, tujuan dari salah satu program mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah 2023, untuk meningkatkan penjualan produk terasi udang di Kelurahan Toboali melalui inovasi estetika visual produk dan digital marketing.  Metode yang digunakan terdiri dari tiga tahap: observasi, identifikasi masalah, dan pelaksanaan kegiatan. Tahap pertama yaitu melakukan observasi di salah satu tempat produksi terasi udang. Selanjutnya, pada tahap identifikasi masalah, ditemukan beberapa permasalahan terkait pengemasan dan pemasaran produk. kemudian, pada  tahap  pelaksanaan  kegiatan, dilakukan pendampingan inovasi estetika visual dan digital  marketing terhadap produk terasi udang Pak Matoridi oleh tim KKN MAs Kelurahan Toboali. Sebagai hasil dari pendampingan ini, inovasi estetika visual dan digital marketing dapat meningkatkan nilai jual dan memperluas pemasaran produk terasi udang.

References

Aprillia, H. (2021). Peningkatan Kapasitas Umkm Kuliner Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 62–71. https://doi.org/10.33005/jabn.v2i2.76

Anjelia, S., & Hakim, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Pemasaran dari Segi Kemasan pada UMKM Sambel Sereh Mak Banih di Desa Purwamekar, Karawang. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 02(01), 2488.

Cinantya, I. G. (2017). Kajian Visual Estetik pada Desain Kemasan Produk Cokelat UKM Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya Kajian Visual Estetik pada Desain Kemasan Produk Cokelat UKM Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya. IDEA Jurnal Desain, 16(02).

Diana, L., Nor, S., Kumaeroh, A., Syalima, I., & Tidar, U. (2020). Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomi Pelaku UMKM melalui Digital Marketing di Tengah Pandemi Coovid-19 Dusun Karanganyar. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Dwivedi, Y. K.,Rana, N. P., Slade, E. L., Singh, N., & Kizgin, H. (2020). Editorial introduction: Advances in theory and practice of digital marketing. Journal of Retailing and Consumer Services, 53(1), 101909. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.101909.

Farhatiningsih, L. (2018). Optimalisasi Penggunaan Instagram dalam Praktik Kehumasan Pemerintah. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i1.14

Hidayahtullah, M. C., & Yurisma, D. Y. (2021). Pengembangan Desain Tarumpah Dalam Peningkatan Nilai Produk Melalui Pendekatan Estetika Visual. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.17509/edsence.v3i1.35266

Idiar, Rollastin, B., Pratama, M. S., & Erwansyah, E. (2022). Penerapan teknologi pengolahan terasi udang bagi usaha kecil menengah di Kabupaten Bangka Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Polmanbabel, 2(02), 88-94.

Kadis, J. E., & Pane, S. (2021). Pengaruh Perkembangan Perdagangan Elektronik (E-Commerce) Dan Inovasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pt. Ramayana Lestari SentosaTbk. Ciplaz Klender Jakarta. Jurnal Manajemen Diversitas, 1(1), 1–65. http://repo.jayabaya.ac.id/id/eprint/430.

Kosasih, V. A. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Online Untuk End-User Pant of Shoes Berdasarkan Swot. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2). https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/451.

Kurniawan, Pradipta, G. D., & Bachtiyar, M. (2020). Metode Penangkapan Udang Rebon (Acetes sp.) dengan Alat Tangkap Sungkur sebagai Bahan Baku Pembuatan Terasi di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. 2(2). http://journal.ubb.ac.id/index.php/aquaticscience

Loucks, S., & Ozogul, G. (2020). Preparing business students for a distributed workforce and global business environment: Gaining virtual leadership skills in an authentic context. TechTrends, 64(4), 655–665. https://doi.org/10.1007/s11528-020-00513-4.

Miklosik, A., & Evans, N. (2020). Impact of Big Data and Machine Learning on Digital Transformation in Marketing: A Literature Review. IEEE Access, 8(1), 101284–101292.https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2998754

Nadia, S. (2022). ANALISIS INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi kasus pada produk kue kering Dian Bestari Kota Tanjungpinang).

Sarastuti, D. (2017).Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim queenova. Visi Komunikasi, 16(1), 71–90. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom/ article/view/1645

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/ jppm.v4i1.4655.

Published
2023-10-20